Atasi Banjir di Ibukota, Kadis LHK Rohil Bergerak Cepat Turunkan Tim Lakukan Pembersihan Sungai dan Drenase

  • Whatsapp
Suwandi S.Sos, Kadis Lingkungan Hidup Terjun Langsung Ketitik Lokasi Pembersihan Sungai Parit Garam
banner 468x60

Bagansiapiapi| fileriau.com| Awal memasuki Pertengahan bulan Februari 2022, Cuaca ekstrem disertai hujan lebat dan angin kencang melanda ibukota kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau baru baru ini berakibat sebahagian wilayah ibukota kembali mengalami banjir.

Banjir yang melanda sebahagian wilayah ibukota Bagansiapiapi akibat tingginya intensitas hujan sebelumnya juga pernah terjadi pada pertengahan November 2021 lalu, namun tidak berselang lama Pemerintah Daerah bersama instansi Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) berhasil mengatasi persoalan banjir dengan melakukan Normalisasi Sungai dan Pembersihan Drainase di Ibukota secara besar besaran.

Hal yang sama kembali dilakukan, yang mana tampak puluhan dari pasukan Tim orange yang dipimpin langsung Suwandi Kadis DLHK Rohil pada awal pertengahan februari 2022 ini diturunkan lagi untuk melakukan pembersihan sungai yang dangkal dan drainase yang tersumbat akibat sampah, Rumput serta lumpur yang menghambat lajunya penurunan aliran air.

Terpantau, Tim Petugas Banjir tampak dilakukan pembersihan sekitar Sungai Garam dan drainase disepanjang jalan perniagaan ujung, Jalan Pahlawan dan sekitar wilayah ibukota Bagansiapiapi tampak petugas berjibaku membersihkan tumpukan sampah plastik, sisa sisa material, tanah, lumpur dan rumput ikut dinaikan keatas.

Kepada Wartawan dilokasi, Suwandi menghimbau kepada lapisan masyarakat terkhusus yang tinggal dekat pinggiran sungai, parit dan selokan atau drainase diwilayah ibukota dan sekitarnya untuk tidak membuang sampah disitu, hal itu semata menjaga kebersihan lingkungan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga penyumbatan tidak lagi terjadi dan potensi banjir dikala intensitas tingginya curah hujan tidak lagi terjadi seperti sekarang ini.

“Penyebab terjadi genangan air disebagian ruas jalan saat ini, selain dari derasnya air hujan juga disebabkan banyaknya tumpukan sampah yang berasal dari rumah tangga yang dibuang tidak pada tempatnya, sehingga timbul penyumbatan jalannya aliran air menuju kelaut mengakibatkan terjadinya banjir,” Kata Suwandi, Selasa (11/01).

” Semoga dengan dilakukan normalisasi sungai dan Drainase pada hari ini, membuat aliran air kembali lancar, sehingga pada saat hujan tiba tidak terjadi banjir lagi, kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, untuk itu marilah bersama sama saling menjaga lingkungan disekitar kita,” ajak Suwandi Kadis LHK Rohil mengakhiri. (red).

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *